Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. Target yang ingin dicapai melalui program peningkatan kualitas pelayanan publik ini adalah:
Meningkatnya kualitas pelayanan publik (lebih cepat, lebih murah, lebih aman, dan lebih mudah dijangkau).
Meningkatnya jumlah unit pelayanan yang memperoleh standardisasi pelayanan internasional.
Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.
Pada Area ini telah dilakukan peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai harapan masyarakat. Hal mana telah diterapkan melalui:
Standar Pelayanan – Menetapkan SK standar pelayanan, maklumat pelayanan, menetapkan SOP pelayanan Kesamsatan.
Budaya Pelayanan Prima – Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau telah membangun budaya pelayanan prima, tersedia petugas informasi, petugas excellent servis kerjasama dengan Dirlantas, kerjasama dengan pihak Bank, Area bermain anak, Mesin Antrian, aplikasi Info pajak, aplikasi Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat
Penilaian Terhadap Kepuasan Pelayanan – Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau telah melakukan survey kepuasan masyarakat (SKM)